Kamis, 08 Mei 2008

Antara Jardiknas, Pustekkom, Microsoft dan Intel (1)

Sekedar uneg-uneg, sekedar berbagi cerita dan sekedar PENDAPAT saya. Kisah ini bermula beberapa tahun lalu, dimulai oleh seorang Gatot HP, direktur Dikmenjur Depdiknas yang memulai pengembangan jurusan TI di SMK-SMK. Kemudian program nya berlanjut dengan Schoolmaps, JIS, WAN Kota dan ICT Center. Setiap sekolah SMK di tiap kab/kota diberikan koneksi internet dan dari SMK tsb menyebarkan ke sekolah-sekolah di sekitarnya.
2006, Gatot HP diangkat jadi Kabiro PKLN Depdiknas. Program yang dirintisnya pun naik pangkat jadi JARDIKNAS (Jejaring Pendidikan Nasional), menjangkau 33 kantor dinas pendidikan provinsi se indonesia, dan 441 dinas kab/kota. ICT-ICT Center dan puluhan ribu sekolah se indonesia apat INTERNET GRATIS. Ribuan mahasiswa diberi beasiswa dan kuliah di D3-TKJ yang tugasnya menjaga, memelihara dan memperbaiki JARDIKNAS di daerah masing-masing. Ribuan guru juga di kuliahkan s1-PGSD dengan memanfatkan teknologi, ICT-ICT daerah di berdayakan sebagai pust kegiatan mereka. Puluhan Ribu Kepsek, Guru, TU dan Pustakawan se-indonesia di latih untuk lebih mengenal dan memanfaatkan teknologi melaui PIJAR (pelatihan Jardiknas). Sistem e-administrasi di kembangkan disana : NISN (nomor induk siswa nasional), NPSN (Nomor Pokok sekolah nasional). Semuanya lancar-lancar saja, walau baru lahir toh sisem ini benar-benar luar biasa. Sudah lewat 41 Juta Siswa se-indonesia terdaftar disana. Ini yang akan jadi bukti otentik jika ada penyelewengan bantuan. Setidak-tidaknya kita tau mana sekolah fiktif, mana siswa fiktif. Semuanya berjalan real time di sini, melalui Jardiknas.
Bahkan Maret 2007, Presiden SBY bersama Kepala SEAMAO meresmikan Jardiknas secara resmi di bali dan melaksanakan vicon ke seluruh Universitas/politeknik penyelenggara PJJ DTKJ se-Indonesia.
Itulah sekelumit kisah indah JARDIKNAS semasa ditangan orang-orang yang Ikhlas membangun pendidikan negeri, mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi bagi sekolah-sekolah di pelosok-pelosok negeri, bersama dengan Tupoksi yang sama : Mencerdaskan Anak Bangsa

1 komentar:

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/antara_jardiknas_pustekkom_microsoft_dan_intel_1_

    BalasHapus